Senin, 15 Oktober 2012

USER FRIENDLY




WINDOWS XP


                                



menampilkan layar kerja berbasis GUI (Graphical User Interface)
menu di start dan di taskbar telah di perbarui dan diberi efek visual.
seperti :

1. Sebuah Segi panjang bergradasi biru di windows explorer

2. bayangan untuk label ikon di desktop
3. Tugas yang dikerjakan bersamaan dan muncul di sidebars windows explorer.

4. kemampuan untuk mengunci taskbar dan toolbar lainnya untuk mencegah perubahan
5. menyoroti program yang baru ditambahkan di menu start

6. bayangan dibawah menu pointer


                                      












WINDOWS 7



                               



Ada yang berbeda di tampilan Taskbar di Windows 7 bila dibandingkan dengan windows Vista dan XP. Taskbar hanya menampilkan icon aplikasi yang aktif. Tidak seperti Windows sebelumnya yang lengkap dengan nama aplikasinya. Agar icon aplikasi bisa lebih jelas dilihat, taskbar di Windows 7 sekitar 10 pixel lebih tinggi. Dengan begitu icon aplikasi bisa ditampilkan dalam ukuran yang lebih. besar.


                                    


berikut adalah perubahan pada USER INTERFACE yang diperbarui untuk windows 7 :


  1. Desktop 

                      


Dukungan untuk tema telah di tambah pada Windows 7. Selain menetapkan warna-warna chrome pada jendela, latar belakang desktop, ikon desktop, pointer mouse dan skema suara, tema di Windows 7 mencakup pengaturan slideshow desktop. Sebuah panel kontrol Tampilan baru, dapat diakses melalui "Personalize" item menu konteks pada desktop, telah diperkenalkan yang menyediakan kemampuan untuk menyesuaikan dan beralih di antara tema, serta men-download tema lainnya dari situs web Microsoft. Dukungan untuk "Themes Packs" telah disertakan, Themes Packs adalah kumpulan file dengan ekstensi themepack, dan terdiri dari tema serta sejumlah gambar, suara, ikon, dan file kursor mouse.






2. Library


                 




                  






Konsep library yang merupakan implementasi dari WinFS membuat navigasi untuk menemukan file tertentu menjadi lebih mudah. Pada library, akan dikelompokan file di sebuah folder virtual berdasarkan tipe filenya. File-file dengan tipe yang sama akan dimasukan kedalam virtual folder, biarpun lokasi filenya bisa berbeda-beda. Misalnya semua file Musik yang ada di penjuru harddisk dengan lokasi file yang berbeda-beda akan di kelompokan kedalam satu folder virtual. Library ini akan membuat pencarian dan manajemen file menjadi lebih mudah.









3. Federated Search

                             


                          





Start Menu juga mendukung pencarian penyatuan dengan sumber data eksternal, seperti database kustom atau layanan web, yang terkena melalui web dan dijelaskan melalui definisi OpenSearch






4. Start Menu

                       


                             




Orb berbentuk bola pada Start mulai sekarang memiliki fade-in efek. ketika pengguna menggerakkan mouse di atasnya. Menu Start Windows 7 mempertahankan tata letak dua kolom dari pendahulunya, dengan beberapa perubahan fungsional:
"Dokumen", "Pictures" dan "Musik" ​​sekarang tombol link ke libraries dengan nama yang sama. Sebuah "Devices dan Printers" pilihan telah ditambahkan yang menampilkan perangkat baru manajer. The "shut down" icon di Windows Vista telah diganti dengan link teks yang menunjukkan tindakan apa yang akan diambil ketika ikon tersebut diklik. Aksi default untuk mengambil sekarang dapat dikonfigurasi melalui Taskbar dan Start Menu Properties window. Taskbar Daftar Langsung disajikan pada Start Menu melalui guillemet, ketika pengguna menggerakkan mouse di atas guillemet, atau menekan tombol panah kanan, sisi kanan menu Start diperluas dan diganti dengan Jump List aplikasi.
 




5. Taskbar
                      
           

                       




Pada Windows Taskbar terlihat perubahan yang paling signifikan sejak diperkenalkan pada Windows 95. Taskbar adalah 10 piksel lebih tinggi daripada di Windows Vista untuk mengakomodasi input sentuh layar dan lebih besar ukuran default ikon baru (meskipun ukuran taskbar yang lebih kecil tersedia), serta menjaga proporsi baru mode resolusi monitor tinggi




6. Pinned Aplication
                                  
                   

                          




Toolbar Quick Launch telah dihapus dari konfigurasi default, tetapi dapat dengan mudah ditambahkan .  Aplikasi sekarang dapat ditempelkan di taskbar dengan fitur "PINNED APPLICATON" memungkinkan pengguna akses cepat ke aplikasi yang mereka sering gunakan





7. Thumbnail Preview
                     

                         




Thumbnail previews yang diperkenalkan di Windows Vista telah diperluas untuk tidak hanya melihat pratinjau jendela dibuka oleh aplikasi dalam tampilan thumbnail berukuran kecil, tetapi juga berinteraksi dengan mereka. Pengguna dapat menutup jendela setiap dibuka dengan mengklik X pada thumbnail preview yang sesuai. Nama jendela juga ditampilkan dalam thumbnail preview. A "mengintip" di jendela diperoleh dengan melayang di atas thumbnail preview.




8. Jump List

                     


                           






Ini adalah pilihan menu yang tersedia dengan mengklik kanan setiap ikon pada taskbar atau dengan menahan tombol kiri mouse dan geser ke arah pusat desktop pada sebuah ikon. Setiap aplikasi memiliki daftar "JUMP LIST" unik yang sesuai dengan fitur-fitur unik untuk aplikasi, seperti file baru dibuka atau tugas umum.




9. Area Nontifikasi

                      






Area notifikasi telah didesain ulang, ikon Pusat standar Volume, Jaringan, Power dan Action status telah hadir, tetapi tidak ada ikon aplikasi lainnya akan ditampilkan jika pengguna telah memilih mereka untuk ditampilkan. Sebuah baru "Pemberitahuan Ikon Area" panel kontrol telah ditambahkan yang menggantikan "Customize Icon Notification" kotak dialog di "Taskbar dan Start Menu Properties" jendela pertama kali diperkenalkan pada Windows XP.












10. Aero Peek 


                        









salah satu fitur yang paling membuat pengguna windows penasaran. Dengan Aero Peek, ketika kursor mouse di arahkan ke salah satu aplikasi di taskbar, akan muncul thumbnail dari aplikasi tersebut, dan bila kursor mouse di arahkan ke thumbnail, jendela aplikasi selain jendela yang dipilih akan berubah menjadi transparan. Jadi yang terlihat hanyalah jendela aplikasi di thumbnailnya, hal ini akan memudahkan pengguna ketika ingin melihat jendela aplikasi tertentu tanpa harus mengklik icon aplikasi di taskbar. Selain jendela aplikasi, Gadget dan desktop juga bisa di intip tanpa harus meminimize semua jendela aplikasi yang aktif.









11. Aero Snap

                                 









Aero Snap adalah fitur yang memudahkan pengguna untuk mengatur posisi jendela aplikasi. Windows terdahulu, mungkin kita agak kesulitan ketika mengatur posisi jendela aplikasi dalam jumlah banyak, seperti meminimize, restore, resize dan maximize. Di situ disediakan 3 tombol navigasi di pojok kanan atas dan resize jendela dengan mengklik di pinggiran jendela, itu saja masih tidak cukup mudah dilakukan. Aero Snap memberikan cara baru dalam mengatur posisi dan ukuran jendela aplikasi. Pada Aero Snap, disediakan beberapa shortcut untuk mengatur posisi jendela aplikasi, misalnya WIN KEY + UP ARROW untuk maximize jendela, WIN KEY + LEFT ARROW untuk menggeser jendela ke kiri atau WINKEY + LEFT ARROW untuk menggeser jendela ke kanan. 




12. Aero Shake
  



  





Aero Shake memungkinkan pengguna untuk mengkosongkan window yang tidak dipakai pada layar dengan menggungcangnya (menyeret kembali dan sebagainya) jendela pilihan mereka dengan mouse. Semua window lain akan meminimalkan, sedangkan window pengguna mengguncang tetap aktif di layar. Ketika window diguncangkan lagi, mereka semua terlihat kembali.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar