Warna
pada IMK mempunyai fungsi untuk
memberikan vibrasi tertentu di dalam suatu desain. Begitu hebatnya kekuatan
warna, sehingga bisa memberikan efek psikologis kepada semua orang yang
melihatnya. Malah di dalam terapi kesehatan, warna tertentu di gunakan untuk
membantu pasien menjadi lebih cepat sembuh.
Warna adalah salah satu elemen yang cukup
penting dalam desain grafis. Dalam ilmu seni rupa, warna bisa mewakili emosi
dari karya tersebut sehingga pesan dari karya tersebut bisa lebih mudah
diterima oleh audience.
·
Merah
Merah adalah warna
yang kuat sekaligus hangat. Biasanya di gunakan untuk memberikan efek psikologi
‘panas’ , ‘berani’ , ‘marah’ dan ‘berteriak’. Beberapa studi juga
mengindentifikasi merah sebagai warna yang sexy.
Di dalam desain, kita
bisa menggunakan warna merah sebagai aksen karena sifatnya yang kuat. Misalnya,
foto hitam putih di berikan aksen warna merah sedikit saja sudah bisa membuat
foto tersebut menjadi terlihat berbeda.
·
Hijau
Hijau adalah warna yang tenang karena biasanya di kaitkan dengan
lingkungan dan alam. Di dalam desain, kita bisa menggunakan warna hijau untuk
memberikan kesan segar. Dan dengan mudah kita bisa memberikan nuansa membumi
dengan kombinasi warna hijau dan coklat gelap.
Kalau warna merah di atas bisa di ibaratkan sebagai musik rock
dengan hentakan keras dan cepat, maka warna hijau bisa di ibaratkan sebagai
musik klasik (atau musik-musik meditasi). Maka itu berhati-hatilah memadukan
merah dan hijau, karena akan sedikit bermasalah. Atau tambahkan saja kuning
sehingga menjadi musik Reggae.
·
Biru
Biru adalah warna favorit para pria dan termasuk warna yang
‘dingin’. Kalau di dunia desain, biru sering di sebut “warna corporate” karena
hampir semua perusahaan menggunakan warna biru sebagai warna utamanya. Tidak
heran memang, karena biru merupakan warna yang termasuk tenang dan
bersifat penyendiri. Efek lain warna biru adalah sering di anggap sebagai warna
yang sedih.
·
Kuning
Kuning adalah warna yang
ceria, menyenangkan dan menurut saya sedikit ‘melompat-lompat’. Tidak heran
warna kuning identik dengan mainan anak-anak. Kuning juga biasanya di gunakan
untuk mendapatkan perhatian dari orang yang melihat desain kita.
Karena begitu kuatnya warna
kuning ini, seringkali di gunakan untuk mendapatkan perhatian orang. Ingat
rambu lalu lintas yang memberikan tanda bahaya? Semua di dominasi warna kuning atau merah (yang masih satu garis keturunan).
·
Ungu
Ungu adalah warna yang
memberikan kesan spiritual, kekayaan dan kebijaksanaan. Saya jadi ingat desain
baju penyihir / dukun / sejenisnya di jaman medieval, kebanyakan di dominasi
warna ungu. Ungu juga warna yang unik karena sangat jarang kita lihat di alam.
Dengan menggunakan warna
ungu kita bisa memberikan kesan unik pada desain kita, baik kita menggunakan
secara dominan atau hanya sebagai aksen saja. Kelemahannya adalah sangat susah
di padukan dengan warna lain, kita harus ekstra memikirkan warna yang cocok
bersanding dengan warna ungu.
·
Coklat
Coklat adalah warna bumi,
memberikan kesan hangat, nyaman dan aman. Namun selain itu, coklat juga
memberikan kesan ‘sophisticated’ karena dekat dengan warna emas. Bisa di
bayangkan kesan ‘mahal’ desain dengan kombinasi warna hitam dan coklat muda.
Dan tidak lupa, coklat juga
bisa memberikan nuansa ‘dapat di andalkan’ dan ‘kuat’. Saya membayangkan warna
coklat bisa di gunakan di firma hukum sebagai warna utama perusahaan mereka.
·
Orange
Orange adalah hasil peleburan merah dan kuning, sehingga
efek yang di hasilkan masih tetap sama, yaitu ‘kuat’ dan ‘hangat’. Warna ini
sering di gunakan pada tombol website yang penting, seperti ‘buy now’ ,
‘register now’ dan lainnya yang sejenis, istilahnya adalah ‘call to action’
button.
Dari sisi psikologis
sebenarnya warna oranye memberikan kesan tidak nyaman, dan sedikit gaduh.
Mungkin karena sebab itulah warna ini paling banyak di pakai untuk menarik
perhatian orang.
·
Merah
Muda
Merah muda adalah warna yang
feminin, kalau menggunakan warna ini pasti kamu berurusan dengan sesuatu yang
bersifat kewanitaan. Efek cinta romantis juga bisa timbul dari warna merah muda
ini, agak sedikit berbeda dengan warna merah yang lebih menggambarkan ‘gairah
yang berani’.
Tetapi banyak juga desainer
yang berani menggunakan warna merah muda ini dengan terang-terangan. Misalnya
dengan kombinasi hitam dan merah muda sebuah desain bisa menjadi terlihat unik.
·
Putih
Putih adalah warna yang murni, tidak ada campuran apapun. Makanya
sering di anggap sebagai warna yang menimbulkan efek suci dan bersih. Ketika
kita ingin membuat desain yang simple dan minimalis, menggunakan warna putih
adalah langkah yang tepat (walaupun bukan cara satu-satunya).
·
Hitam
Hitam adalah warna yang gelap,
suram, menakutkan tetapi elegan. Saya merasa elemen apapun jika di taruh di
atas background hitam akan terasa lebih bagus (misalnya, pada waktu menampilkan
foto, portfolio atau produk). Tapi tidak selalu efektif di dalam kasus
tipografi.
Jadi kombinasi warna yang tepat dapat
memberikan karakter dan vibrasi pada suatu desain. Warna juga bisa di gunakan
untuk mendapatkan perhatian orang yang melihat desain kita dan pada akhirnya
mengerti pesan yang kita sampaikan melalui visual secara keseluruhan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar